Single post
mobil

Apa itu ABS, BA dan EBD Pada Mobil?

Fitur keamanan kendaraan yang disematkan pada cara pengereman rupanya bukan cuma ABS (Anti-lock Braking System) yang tak jarang didengar. Melainkan masih ada sebagian lagi, seperti yang telah mulai banyak diterapkan, seperti Brake Assist (BA) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Baca juga : Tentang Karbon

Tommy Hermansyah, Product Knowledge Dept PT Toyota Astra Motor pada acara “Safety Workshop”, menerangkan, perbedaan ketiganya. ABS, BA, dan EBD sendiri masuk dalam ketegori fitur active safety, atau bagian yang bertugas untuk mencegah terjadinya kecelakaan. ABS Mulai dari ABS, kata Tommy, teknologi ini pertama kali dipakai untuk pesawat terbang, supaya tak tergelincir saat mendarat, sebab situasi jalan yang tak senantiasa sama.

toyota auto 2000 ciledug

Baru kemudian disematkan pada kendaraan roda empat dan roda dua. Simpelnya, ABS sendiri berfungsi untuk membikin roda tak terkunci saat pengemudi mengerem terlalu dalam (force brake). Membikin roda tak dapat dibatasi dan digerakkan ke kiri ataupun ke kanan, sehingga susah menghindari obyek tabrak. “Jadi saat kendaraan beroda empat ada ABS-nya, rem otomatis akan membuka dan menutup, jadi buka-tutup buka-tutup untuk mencegah kendaraan beroda empat stuck, yang walhasil mendapatkan traksi dan dapat dibelokkan. Ini amat berkhasiat saat jalan licin atau berpasir dan mengerjakan force braking,” kata Tommy

Mitsubishi Jakarta

Brake Assist (BA) Sebelumnya, BA dihasilkan sebab ada sebagian kecelakaan yang terjadi sebab si pengemudi tak optimal menginjak rem, entah sebab telat atau telah panik, sehingga terlalu ketakutan duluan saat akan menghadapi tubrukan. “Jadi BA ini menolong menekan rem.

Jadi meski rem diinjak sedikit, cara telah secara otomatis menambahkan power untuk menolong menambah kecakapan pengereman. BA juga lazimnya membaca pelepasan kaki pada pedal gas secara mendadak dan bermigrasi ke rem. Bila terbaca seperti itu, BA akan bereaksi dan menolong dalam force braking,” sebut Tommy. Electronic Brake Force Distribution (EBD) Sederhanya, kata Tommy, teknologi ini membatasi penyebaran rem di tiap-tiap ban layak dengan keperluannya.

Jasa pembuatan kolam renang

Sebab dalam sebagian situasi, tiap-tiap roda mempunyai keperluan yang berbeda-beda saat akan mengerem, seperti salah satunya saat kendaraan beroda empat sedang mengangkut banyak barang turunan. “Perbedaan lebih terlihat pada kendaraan beroda empat dengan barang turunan atau tak. Sebab dengan situasi pengereman yang sama, melainkan akibatnya akan berbeda. Melainkan dengan EBD, kendala hal yang demikian akan terpecahkan,” sebut Tommy.

Dealer Mitsubishi

theme by teslathemes